Senin, 09 April 2012

WISATA CIANJUR JAWA BARAT

Kabupaten Cianjur yang berada di wilayah Jawa Barat ini memiliki banyak sekali obyek pariwisata, sebagian di antaranya sudah banyak yang mengenal, tapi juga ada sebagian yang masih perlu dipublikasikan. Salah satu obyek wisata yang cukup dikenal adalah Taman Nasional (TN) Gunung Gede Pangrango yang merupakan tempat wisata yang alami dan sangat cocok untuk Anda yang hobi hiking dan climbing. Bila Anda menelusuri TN Gunung Gede Pangrango ini akan banyak menemui obyek-obyek menarik, berupa air terjun, padang rumput, bunga anggrek, dan beberapa jenis hewan yang hidup di kawasan tersebut.

Untuk mulai mendaki Anda bisa melalui pintu pendakian yang ada di dekat Kebun Raya Cibodas. Tentunya Anda harus mempersiapkan dahulu segala perlengkapan untuk pendakian, dan yang pasti kondisi kesehatan harus benar-benar fit. Untuk Anda yang hobi mengkoleksi bunga, Anda bisa berkunjung ke Taman Bunga Nusantara. Sesuai dengan namanya, tentunya tempat itu penuh dengan beraneka ragam bunga. Jika Anda berkunjung ke sana, pengetahuan Anda tentang bunga pasti akan bertambah, khususnya bunga yang berasal dari luar negeri. Anda pun bisa langsung membelinya di counter penjualan.

Taman Bunga Nusantara yang berada tak jauh dari perumahan Kota Bunga itu memang banyak mengkoleksi tanaman bunga dari berbagai negara di dunia, selain juga tanaman dari Indonesia sendiri. Hampir sama dengan Taman Bunga Nusantara, ada lagi tempat yang juga mengkoleksi tanaman bunga, yaitu Kebun Wisata Inkarla. Letaknya tak jauh dari Kebun Raya Cibodas. Sedangkan untuk Kebun Raya Cibodas sendiri tentunya juga sudah cukup dikenal di kalangan wisatawan. Obyek wisata itu tidak hanya sekedar tempat rekreasi, tapi juga sebagai tempat konservasi dan observasi tumbuh-tumbuhan.

Sangat tepat untuk menambah pengetahuan bagi siswa-siswa sekolah, karena di sana banyak terdapat beragam jenis tumbuhan, baik yang langka maupun tumbuhan eksotis. Di bagian belakang Kebun Raya Cibodas, setelah keluar pintu gerbang belakang terdapat kawasan wisata sayuran yang bernama Wisata Agropolitan, Kawasan ini dikelola langsung oleh pemerintah daerah setempat. Anda bisa ikut menanam dan memetik sendiri sayuran, seperti wortel, kol, sawi dan sebagainya. tempatnya yang berada di ketinggian ini sangat indah sekali. Hamparan kebun sayur terlihat segar dan menghijau.

Wisata Belanja
Di daerah Cipanas, tepatnya di kawasan pasar Cipanas yang berada di pinggir jalan raya, banyak sekali pedagang yang menjual aneka buah dan sayuran, seperti wortel, sawi, kol, timun, tomat, alpukat, pisang dan lain-lain. Harganya pun relatif murah, asalkan Anda pintar menawar, pasti akan dapat harga yang miring.

Lalu, jika Anda menelusuri jalan raya Cipanas ke arah Cianjur Kota, Anda akan menemui sebuah tempat yang menampilkan aneka kerajinan tangan khas Cianjur. Tepatnya di daerah tapal kuda, Gedung Pusat Kerajinan Daerah Cianjur tersebut berada persis di sisi kanan jalan. Beragam bentuk kerajinan tangan dipamerkan di sana, mulai dari miniatur kecapi suling, angklung, gitar mini, gantungan kunci, lampu hias, bunga plastik dan masih banyak lagi. Nah, itulah sebagian kecil dari obyek wisata yang ada di Kabupaten Cianjur, sebenarnya masih banyak lagi obyek wisata menarik lainnya, seperti Kebun Strawberry yang ada di daerah Pacet, Pantai Jayanti, Curug Citambur dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar