Kamis, 01 Maret 2012

WISATA ALAM GUNUNG PANCAR CITEUREUP BOGOR

Taman Wisata Alam Gunung Pancar

Taman Wisata Alam Gunung Pancar yang terletak di Desa Karang Tengah kecamatan Citeureup kabupaten Bogor ini terkenal dengan pemandian air panasnya yang konon dapat menyembuhkan berbagai penyakit, kecuali patah tulang. Saat memasuki kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar ini, aroma wangi hutan pinus dengan sergap menyambut setiap pengunjungnya.

Keadaan Fisik Kawasan
  • Luas dan letak
    • Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar dengan luas 447.50 Ha ditetapkan berdasarkan SK. Menhut No.156/Kpts-II/88 tanggal 21 Maret 1988. Secara astronomis terletak antara 106 derajat 54, Bujur Timur dan 63 derajat 4, Dan 6 derajat 36, Lintang Selatan. Menurut administrasi pemerintahan termasuk wilayah Desa Karang Tengah Kecamatan Citeureup Kabupaten Bogor.
  • Topografi
    • Ketinggian Gunung Pancar berkisar antara 300-800 meter di atas permukaan laut. Keadaan lapangan landai sampai bergelombang dengan kemiringan sekitar 15-80 %. Bagian tertinggi yaitu pada puncak gunung Pancar 800 meter dan Pasir Astana 700 meter.
  • Iklim
    • Berdasarkan klasifikasi Schmidt dan Ferguson, kawasan TWA Gunung Pancar termasuk dalam tipe iklim B dengan curah hujan rata-rata pertahun 3.000, 4.500 mm. Jumlah hujan per tahun berkisar antara 150-250 hari. Suhu udara rata-rata 24 derajat   Celsius pada malam hari dan suhu tertinggi 33 derajat Celsius pada siang hari. Kelembaban udara rata-rata 58-82 %.
Potensi Biotik Kawasan
  • Flora
    • Tipe vegetasi hutan di TWA Gunung Pancar terdiri dari hutan alam pegunungan, hutan tanaman dan semak belukar.
    • Tipe vegetasi hutan alam terletak di lereng sampai puncak Gunung Pancar (15 Ha), jenis tumbuhannya antara lain : Rasamala (Altingia exelsa), Huru (Quercus sp.), Beringin (Ficus Benyamina), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanopsisargentea), Jamuju (Podocaspus imbricatus), Rotan (Calamus sp) dan terdapat beberapa jenis liana. Selain itu terdapat tumbuhan epiphyt yang menempel pada pohon besar seperti Anggrek, Paku sarang burung (Asplenium nidus) dan Paku tanduk rusa (Platicerium coronarium).
    • Tipe vegetasi hutan tanaman menempati sebagian besar kawasan ini (160 Ha). Adapun jenis tanaman meliputi pinus (Pinus merkusii), Sengon (Albizia falcatria), Kayu Afrika (Maesopsis emanii) dan Meranti (Shorea sp) yang ditanam pada tahun 1982/1983. Sedangkan jenis tanaman lainnya adalah tanaman budi daya masyarakat seperti singkong, pisang, dan tanaman pertanian lainnya. Tumbuhan semak belukar terdiri dari jenis Kirinyuh, Harendong, Jarong, Saliara, Alang-alang dan lain-lain.
  • Fauna
    • Satwa yang beradadi kawasan TWA Gunung Pancar antara lain adalah : Owa (Hylobates moloch),Surili (Presbytis cornata),Kera (Macaca fascicularis),Jelaran (Ratufabicolor),Babi Hutan (Susscrofa),dan jenis-jenis burung seperti Elang (Haliasturindus),Kutilang (Pygnonotus aurigaster),Ayam hutan Merah (Gallus gallus), Jalak (Sturnus melanopterus),Srigunting (Dicrurus paradiseus) dan Enggang (Buceros sp).
Potensi Wisata
Untuk memanfaatkan secara lestari potensi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya, khususnya yang berupa obyek dan daya tarik wisata alam dan dalam ranka pengembangan kepariwisataan yang berwawasan lingkungan, serta untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat maka PT. Wana Wisata Indah di beri Hak Pengusahaan Pariwisata Alam di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar sejak tahun 1994.
 

Daya Tarik Obyek
Kawasan TWA ( Taman Wisata Alam ) Gunung Pancar memiliki obyek wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi, diantaranya adalah pemandian air panas, makam keramat dan menikmati pagelaran kesenian tradisional daerah.
Kegiatan wisata yang dapat dilakukan
Kegiatan wisata yang dapat dilakukan di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar adalah :
  • Wisata alam: Kegiatannya berupa hiking, berkemah, berkuda, bersepeda dan sejenisnya.
  • Wisata santai sambil berolah raga: Tenis, berenang (air panas), lintas alam dan lain-lain.
  • Wisata Konvensi: Kegiatan wisata sambil melakukan seminar, rapat, konferensi dan sebagainya.
  • Wisata budaya: Kegiatan berupa pagelaran seni tradisional dan ziarah ke makam keramat di Puncak Gunung Pancar.
Sarana dan Prasarana
Saat ini sarana dan prasarana di TWA Gunung Pancar masih sangat minim, namun dalam waktu dekat rencananya akan di bangun berbagai fasilitas oleh PT Wana Wisata Indah, diantaranya : pembuatan pusat informasi, pondok kerja, sarana olah raga, camping ground, tempat bermain anak-anak, sarana pemandian air panas, shelter, fasilitas penginapan dan ruang pertemuan.
Aksesibilitas
Untuk mengunjungilokasi Taman Wisata Alam Gunung Pancar dapat di tempuh melalui dua jalan, yaitu:
  • Lewat Pintu Tol Sentul menuju Desa Babakan Madang dan Desa Karang tengah dengan kondisi jalan beraspal cukup baik sejauh 13 Km dengan waktu tempuh 20 menit.
  • Melalui kota Bogor dengan melewati daerah Bogor Baru terus menuju Desa Karang Tengah sejauh 25 Km dengan waktu tempuh 1 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar