Kamis, 17 Mei 2012

KEBUN BINATANG GEMBIRA LOKA YOGJAKARTA


Gembira Loka adalah nama untuk Kebun Binatang di Yogyakarta, memiliki situs yang sangat informatif yaitu Gembiralokazoo.com , dimana anda bisa melihat masing-masing area di lokasi Kebun Binatang.
Gembira Loka terletak sekitar 4 Km sebelah timur dari Kantor Pos Pusat Yogyakarta. Gembira Loka adalah artian dari Gembira yang berarti senang dan Loka adalah tempat, sehingga bisa diartikan suatu tempat yang membuat gembira anak-anak dan keluarga.

kura leopard gembira loka Gembira Loka   Kebun Binatang Yogyakarta 

Setengah abad yang lalu Sri Sultan Hamengku Buwono IX mewujudkan keinginan pendahulunya, Sri Sultan Hamengku Buwono VIII, untuk mengembangkan ‘Bonraja’ atau “Kebon Rojo” tempat memelihara satwa kelangenan raja menjadi suatu kebun binatang untuk umum. Maka didirikanlah Gembira Loka diatas lahan seluas 20,4 ha yang separuhnya berupa hutan lindung dimana saat ini terdapat lebih dari 400 ekor dari 100 spesies satwa dan 500 spesies flora. Pada awalnya dimulai dari beberapa hewan macan tutul yang berhasil ditangkap penduduk setempat karena mengganggu desa dan sebagian berasal dari lereng Merapi yang hutannya terbakar akibat awan panas dan semakin bertambah dan berkembang biak.

simpanse Gembira Loka Gembira Loka   Kebun Binatang Yogyakarta 

Karena tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, andong atau becak bisa melewati kebun binatang ini. Taman kebun binatang adalah salah satu tempat favorit di kota dikunjungi terutama wisatawan domestik (lebih dari 650.000 pengunjung setahun), tetapi ada juga beberapa wisatawan asing yang meneliti reptil terkenal Komodo (Varanus Comodoensis), yang asalnya hanya hidup di Pulau Komodo , dekat Flores.
Terdapat sebuah taman hijau dan danau buatan yang besar untuk berperahu di tengah kebun binatang yang memiliki koleksi satwa tropis yang memadai. Taman yang luas dengan bayangan hijau pepohonan dan air danau dari sungai Gajah Wong yang melewati tepat di tengah kebun binatang membuat suhu menjadi sedikit lebih dingin atau setidaknya lebih segar. Pengelola kebun binatang mencoba untuk menempatkan hewan di kandang yang luas lebih, agar merasa lebih nyaman.

gembira loka zoo Gembira Loka   Kebun Binatang Yogyakarta 

Dalam sekitar satu jam penjelajahan , pengunjung bisa melihat gajah Sumatera, badak bercula satu di Jawa, Harimau, buaya, ular, beberapa jenis monyet. Seperti Orangutan, Beruk (monyet Sumatera yang dapat dilatih untuk mengambil kelapa), monyet penyanyi hitam, dengan gelembung udara besar di lehernya, ada juga koleksi rusa, burung, reptil dan banyak lagi jenisnya.
Satwa mamalia diantaranya Gajah Sumatera, Harimau Sumatera, Kuda Nil, Rusa Tutul, Unta, Simpanse, Orangutan, Beruang Madu dan Wallaby.
Reptil diantaranya adalah Buaya muara, kura-kura Radiata, Kura-kura Terapin, kura-kura Sulkata, kura-kura Kepala Ceri, Biawak Naga, Iguana Merah, ular Viper Gabon (Bitis gabonica), ular Viper Wagleri (Tropidolaemus wagleri sp.), Soa Layar Ambon, buaya kaiman kerdil Curvier (Paleosuchus palpebrosus sp.), kadal monitor pohon (Varanus prasinus) dan lain-lain.

Pavo muticus gembira loka 300x225 Gembira Loka   Kebun Binatang Yogyakarta 

Burung-burungan diantaranya kakatua, Nuri Bayan, Burung Hantu, Elang Brontok, Elang Bondol, Merak Hijau (Pavo muticus), Julang Emas dan lainnya.
Amphibia koleksi Gembira Loka antara lain katak bibir putih, katak Pacman, katak Tomat, katak Tanduk, katak Pesek dan lainnya
Ada pula ruangan dengan Aquarium besar dimana terdapat berbagai jenis ikan, seperti Patin Albino, Discus, Arapaima Raksasa, Red Devil, ikan Niasa dan lainnya.
Selama akhir minggu dan liburan sekolah, ada banyak orang tua membawa anak mereka ke Gembira Loka, untuk melihat hewan-hewan dan menunjukkan hewan langka. Kadang ada pertunjukan dengan beberapa penyanyi terkenal dan artis yang diselenggarakan di panggung open air di kebun binatang ini. Tetapi selama hari biasa, semuanya lebih tenang, wisatawan bisa menikmati kunjungan dengan nyaman.
Wahana bermain meliputi Sekuter air, Sirkuit ATV, Perahu Senggol, Terapi Ikan, Perahu Boat, Perahu Banana “Orca”, Perahu Angsa, Gajah Tunggang, Onta Tunggang, Kapal Katamaran, Kano Engkol, kereta mini dan Kolam Tangkap, semua wahana bisa diikuti oleh anak-anak dan orang dewasa.
Tidak sulit mencari hotel yang sesuai dengan budget anda di Yogyakarta, anda bisa menginap di hotel-hotel pusat kota karena lokasi Kebun Binatang yang hanya sekitar 15 menit dari pusat kota atau hotel-hotel di sekitar Kebun Binatang Gembira Loka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar