Rabu, 16 Mei 2012

WISATA KEBUN BINATANG RAGUNAN

Kebun binatang Ragunan yang berlokasi di Jalan R.M. Harsono No. 1 Ragunan, Jakarta Selatan adalah paduan antara kebun binatang dan taman rekreasi sehingga dinamakan juga Ragunan Zoological Park, taman margasatwa Ragunan terdapat hampir 30,000 tanaman dari 250 varietas berbeda, seperti berbagai macam rumput-rumputan dan pohon, tanaman hias Bougenvil dan Hibiscus.

harimau putih ragunan Kebun Binatang Ragunan 

Ragunan termasuk tempat konservasi satwa melalui program kultivasi yang juga merupakan tempat yang ideal untuk aktifitas edukasi anak-anak. Hewan-hewan yang telah dibiakan di Ragunan antara lain Harimau Sumatra, Harimau Putih, Orang Utan, Komodo, ular Phyton dan berbagai macam burung seperti Kakatua, Kasuari dan Betet.

jerapah ragunan 300x200 Kebun Binatang Ragunan 

Di kebun binatang Ragunan, kita dapat melihat lebih dekat binatang-binatang yang ada disana dengan aman, karena struktur kandang dan area dimana binatang ditempatkan memungkinkan pengunjung dapat melihat dengan jelas. Untuk hewan-hewan yang tidak membahayakan kita dapat juga menyentuhnya.
Kebun Binatang Zoological Ragunan memiliki lebih dari 260 jenis satwa dan sekitar 3000 hewan termasuk burung-burungan, termasuk satwa langka dari pelosok Indonesia dan luar negeri.

jadwal makan komodo ragunan 300x217 Kebun Binatang Ragunan 

Di Kebun binatang Ragunan kita dapat melihat juga bagaimana satwa makan, khususnya untuk satwa liar yang tidak pernah kita lihat sebelumnya. Namun pengunjung harus menunggu jadwal makan dari satwa-satwa tersebut, seperti jam makan Komodo adalah setiap hari Rabu sekitar jam 11.00 pagi, Buaya setiap hari Rabu dan Sabtu, Kuda Nil diberi makan setiap pagi hari.

gajah ragunan 300x206 Kebun Binatang Ragunan 

Selain taman rekreasi dan satwa, di dalam Kebun Binatang Ragunan ada juga restoran/kantin dan wahana bermain anak-anak disetiap sudut, seperti kereta mini untuk berkeliling Ragunan, Perahu angsa, bombom car, kuda-kudaan dan lainnya  Tersedia juga wahana Gajah tunggang, Kuda tunggang dan Unta tunggang, dimana anak-anak dapat menaikinya keliling area tunggang hewan tersebut.

pusat primata schmutzer ragunan 300x200 Kebun Binatang Ragunan 

Terdapat juga “Pusat Primata Schmutzer” yaitu tempat pelestarian primata seperti gorilla, orang utan, simpanse dll., yang awalnya didanai dan dikelola oleh The Gibbon Foundation. Primata yang ada ditempat ini berada dalam kondisi yang sangat terawat, kandang dilindungi kaca dan pengunjung tidak diperbolehkan membawa makanan masuk juga tidak diperbolehkan merokok, terdapat penjagaan ketat dan pemeriksaan serta penitipan barang dimuka bangunan. Kondisi yang berbeda dengan kandang-kandang primata di luar bangunan “Pusat Primata Schmutzer”. Selain primata, semua tanaman di Schmutzer diberi papan nama berdasarkan nama latinnya untuk keterangan pengunjung dan kondisinya juga sangat terawat.
Taman Margasatwa Ragunan biasa dipenuhi pengunjung pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur lainnya, jika untuk kegiatan edukasi dan riset sebaiknya dilakukan selain hari-hari tersebut agar lebih tenang. Namun aksi Gajah tunggang, Onta tunggang dan delman biasanya hanya ada pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar