Minggu, 27 Mei 2012

WISATA BERSEJARAH KOTA CIMAHI

PEMANFAATAN TEMPAT-TEMPAT BERSEJARAH
DI KAWASAN MILITER KOTA CIMAHI


Kota Cimahi merupakan kota yang memiliki bangunan-bangunan heritage yang cukup menarik dan berpotensi untuk dikembangkan menjadi salah satu objek dan daya tarik wisata di Kota Cimahi. Namun saat ini belum terjalinnya koordinasi yang baik dari pihak pengelola tempat bersejarah (dalam hal ini khususnya untuk kawasan militer), serta belum adanya data yang terstruktur dengan baik mengenai pemetaan wisata heritage di Kota Cimahi agar menjadi produk wisata heritage. Tema Wisata Heritage ini diangkat karena wisata heritage ini merupakan bagian dari special tour, yang  saat ini sudah mulai banyak diminati oleh masyarakat luas.
Kota Cimahi juga mendapatkan julukan sebagai “Kota Tentara” karena di kota ini terdapat banyak pusat pendidikan untuk tentara, diantarannya :
  1. Pusat Pendidikan Artileri (Pusdik Art)
  2. Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdik Armed)
  3. Pusat Pendidikan Guru Militer (Pusdik Gumi)
  4. Pusat Pendidikan Infanteri (Pusdik In)
  5. Pusat Pendidikan Jasmani (Pusdik Jas)
  6. Pusat Pendidikan Pal (Pusdik Pal)
  7. Pusat Pendidikan Perbekalan dan Angkutan (Pusdik Bekang)
  8. Pusdik Pendidikan Polisi Militer (Pusdik Pom), dll.

Dengan banyaknya pusat pendidikan dan fasilitas kemiliteran lainnya, maka sekitar 60% wilayah Kota Cimahi digunakan oleh kepentingan tentara. Beberapa konsep perencanaan pemanfaatna tempat-tempat bersejarah (Heritage) di Kawasan Militer Kota Cimahi, antara lain :

1. Military Games
Yaitu, permainan-permainan yang dilakukan di area militer dengan menggunakan gaya pendidikan militer yang dapat memberikan manfaat banyak dan pengalaman yang baru bagi pengetahuan masyarakat umumnya dan pelajar khususnya (anak-anak sekolah maupun mahasiswa perguruaan tinggi). Jenis-jenis permainan yang ditawarkan antara lain : paintball, olahraga, lomba ketangkasan, pengenalan pendidikan/pelatihan militer, menyaksikan dokumentasi military, dll.

2. Area Outbond
Yaitu, area pelatihan dan arena rekreasi di alam terbuka kawasan Militer Kota Cimahi yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sekolah, mahasiswa, aparatur Pemkot Cimahi, karyawan BUMN/D dan karyawan perusahaan swasta baik dari dalam maupun luar Kota Cimahi, sebagai salah satu rangkaian paket perjalanan wisata yang akan dibentuk dari Objek dan Daya Tarik Wisata Heritage Kota Cimahi.

3. Paket Perjalanan Wisata Heritage
Yaitu, perjalanan wisata (widyawisata) mengunjungi beberapa tempat yang dianggap bersejarah (Cagar Budaya) di Kota Cimahi, yang dapat dimanfaatkan oleh siswa sekolah, perguruan tinggi, serta masyarakat luas sebagai wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

4. Pemanfaatan Rumah Dinas Militer
Yaitu, upaya-upaya yang dilakukan di dalam pemanfaatan gedung/rumah dinas di kawasan militer Kota Cimahi yang sudah tidak dihuni/dipergunakan lagi untuk dapat diubah fungsikan menjadi :

§  Museum Mini Militer
§  Restaurant Bertemakan Militer
§  Area Permainan & Rekreasi
§  Souvenir Shop
§  Bioskop Mini, dll.

5. Pemanfaatan Kawasan Militer untuk Shortterm Event
Yaitu, pemanfaatan Kawasan militer di Kota Cimahi baik area terbuka maupun tertutup, untuk acara-acara jangka pendek seperti :

§  Pertunjukkan Musik
§  Acara perlombaan
§  Pameran, dll.

Dengan melihat potensi-potensi wisata yang telah dipaparkan di atas, maka dirasakan sangat penting dilakukannya koordinasi atau menjalin kerjasama dengan pihak-pihak pengelola tempat-tempat bersejarah khususnya untuk kawasan militer di Kota Cimahi, sehingga mendapatkan kemudahan-kemudahan di dalam proses perencanaan Konsep Pemanfaatan Tempat-Tempat Bersejarah (Heritage) untuk menjadi salah satu Objek dan Daya Tarik Wisata Heritage Kota Cimahi.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar