Selasa, 18 Desember 2012

JATIM PARK 2 KOTA BATU

 JATIM PARK 2 KOTA BATU
 Jatim Park 2 adalah sebuah wahana wisata baru di kota Batu. Kebanyakan orang mengira Jatim Park 2 berada di kota Lamongan. Di kota Lamongan bukanlah jatim park 2, melainkan WBL (Wisata Bahari Lamongan). Jatim Park 2 sendiri berada di kta Batu, berdiri di atas lahan seluas lebih kurang 14 Hektar.
Jawa Timur Park 2 sendiri meliputi:

1. Museum Satwa
2. Secret Zoo (kebun Binatang)

 
Jawa Timur Park 2 merupakan salah satu objek wisata terkenal yang berlokasi di Kota Wisata Batu, Jawa Timur. Objek wisata yang satu ini menyajikan wisata yang berbeda dari tempat wisata lainnya karena disini Anda akan disajikan beragam satwa-satwa baik hidup maupun mati (awetan) yang didatangkan dari berbagai Negara di Dunia. Di Jawa Timur Park 2 terdapat beberapa tempat yang dapat Anda kunjungi yakni Museum Satwa dan Batu Secret Zoo. Di Museum Satwa Jawa Timur Park 2 terdapat ratusan bahkan ribuan satwa awetan yang dipamerkan begitu bagus dan exclusive dengan latar belakang sesuai habitat dan ukuran asli satwa tersebut. Selain satwa yang diawetkan, Museum Satwa juga menyajikan replika fosil-fosil hewan purba seperti Mammoth, Stegosaurus, Apatosaurus hingga Tyrannosaurus-Rex dan masih banyak fosil dinosaurus lainnya.
Untuk Anda pecinta serangga, Museum Satwa merupakan salah satu objek yang wajib untuk Anda kunjungi, pasalnya di Museum ini terdapat Insectarium yang memamerkan ratusan hingga ribuan serangga dari berbagai jenis seperti kupu-kupu, laba-laba, kumbang, belalang dan serangga lainnya dari berbagai Negara di Dunia. Karena lengkapnya koleksi satwa yang terdapat di Museum Satwa Jawa Timur Park 2 ini, tidak slaah jika Museum Satwa Jatim Park 2 diklaim menjadi Museum berskala International. Dengan menyediakan ruangan Khazanah Pengetahuan Fauna dipastikan akan lebih memudahkan para wisatawan untuk mempelajari lebih dekat semua jenis satwa di Dunia ini.
Museum Satwa merupakan Museum Terbesar dan terlengkap. Menyajikan satwa dari berbagai belahan dunia antara lain dari Afrika, Amerika, Australia, eropa dan antartika. Mengusung konsep museum masa kini (kotemporer). Menggabungkan antara seni lukis, technologi, dan ilmu pengetahuan khususnya satwa.
Tampilan museum dibuat berbeda dan menyenangkan. Pada bagian depan pengunjung akan disambut dengan arsitektur gedung bergaya romawi. Di dalam museum pengunjung dapat menikmati galeri fosil yang berisi aneka macam fosil-fosil satwa seperti dynosaurus, tyrex. Kemudian suguhan aneka ikan yang hidup di air tawar dan laut di Fish World. Lalu aneka satwa yang habitatnya di salju, dan masih banyak lagi yang lain.
Jika puas atau lelah berkeliling, pengunjung dapat merasakan makanan dan minuman dengan suasana pedesaan di Warung Desa. Atau belanja oleh-oleh khas Museum Satwa di Toko Souvenir yang telah tersedia. 



Museum satwa yang berada di lokasi Jatim Park 2 kota Batu, lebih tepatnya berada di Desa Oro-oro Ombo Kecamatan Batu. Museum satwa ini merupakan wahana edukasi, dimana pengunjung dapat melihat diorama-diprama hewan dari berbagai belahan dunia.
Bentuk bangunan Museum Satwa .




Ketika anda pertama kali memasuki museum satwa, anda akan disambut dengan sebuah sangkar burung raksasa. Di dalam sangkar ini anda dapat berfoto-foto (memang disediakan sebagai sebuah obyek foto). Di dalam sangkar raksasa ini terdapat ornamen tambahan seperti taman bunga dan patung burung. Tepat banget buat obyek berfoto ria.





Di penghujung pintu keluar, anda akan menemukan diorama binatang ini yang dibentuk sedemikian rupa


Diorama berikutnya adalah diorama daerah bersalju. Disini adalah lokasi objek foto yang paling tepat untuk mengabadikan moment kunjungan anda di museum satwa.

Diorama Danau dan Hutan Pinus yang berselimut salju


Diorama Gurun berselimut salju


Diorama Tebing Salju yang Bisa dipanjat


Diorama Jalanan di kota kecil yang Bersalju





SECRET ZOO
Kota Batu memiliki sebuah kebun binatang baru yang diberi nama Secret Zoo.Lokasi Secret Zoo ini sendiri satu komplek dengan Museum Satwa, yaitu di Jawa Timur Park 2 Kota Batu. Meskipun ini adalah kebun binatang yang baru saja di launching, akan tetapi memiliki koleksi satwa yang langka dan nggak kalah bagus dengan kebun binatang lain yang berada di Indonesia. Arsitektur kebun binatang ini pun berskala internasional. Berasa di kebun luar negeri dech.

Memberi Makan Burung Parkit
Memberi makan burung parkit ini rasanya seru banget. Kita akan dikerubuti oleh puluhan burung parkit yang berebut makanan. Ah nggak usah banyak omong dah, anda bisa saksikan sendiri serunya memberi makan burung parkit yang jinak-jinak






TigerLand

TigerLand merupakan area terakhir dari Secret Zoo. Di area ini terdapat berbagai macam koleksi harimau milik Jatimpark2, diantaranya adalah:


Singa



Singa Putih
Singa putih ini adalah singa putih pertama yang ada di Indonesia. Jumlahnya ada 3 ekor, sayangnya masih kecil kecil


Harimau Putih
Harimau putih di sini lumayan besar, ada dua ekor pula. Sangkarnya pun di buat sedemikian pula sehingga sangat menarik. Seperti di kebun binatang luar negeri dech..



Fasilitas :

  • Tempat parkir yang nyaman dan aman berada di lahan seluas 2 ha.
  • Bangunan Indoor yang dibangun diatas lahan kurang lebih 1 Ha dari 15 ha area jawa timur park
  • Menyajikan ratusan diorama satwa dari berbagai penjuru dunia, yang divisualisasikan sesuai dengan habitatnya.
  • Insektarium yang berisi ribuan jenis serangga dari negara di belahan dunia.
  • Pengetahuan satwa yang disajikan melalui keterangan-keterangan yang berada disetiap diorama, baik dari jenis sata, kebiasaan satwa dan juga asal satwa tersebut.
  • Khasanah pengetahuan fauna sebagai tempat dan pembelajaran melalui kuis dan tebak-tebakan tentang satwa.
  • Guide yang profesional
  • Fasilitas umum toilet dan musholla yang bersih dan nyaman.
  • Tempat istirahat yang terletak di warung desa, dengan desain pedesaan dan style pedesaan. 
  • Fasilitas hot spot di khasanah pengetahuan fauna dan warung desa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar