Jumat, 14 Desember 2012

PANTAI PANGANDARAN WISATA ANDALAN CIAMIS JAWA BARAT



Wisata Pantai Pangandaran





Pantai pangandaran adalah sebuah tempat wisata yang menjadi andalan pemerintah Kabupaten Ciamis, dan merupakan pantai yang mendapat predikat sebagai pantai terbaik versi AsiaRooms, sebuah perusahaan situs web penyedia layanan reservasi hotel secara online terutama untuk wilayah Asia dan Oseania yang berbasis operasi di Singapura dan Bangkok, Thailand

  Pantai yang secara geografis terletak di sebelah timur Jawa Barat, atau lebih tepatnya lagi terletak di Desa Pananjung Kecamatan Pangandaran, lebih kurang 92 kilometer arah selatan Ciamis ini memang boleh dibilang memiliki berbagai kelebihan jika dibanding dengan beberapa obyek wisata pantai lainnya, khususnya di wilayah pulau Jawa. Beberapa kelebihan yang dapat kita temui disaat mengunjungi obyek wisata pantai pangandaran adalah sebagai berikut :
  • Memiliki pantai yang sangat landai dengan air yang jernih, serta didukung oleh jarak antara pasang dan surutnya air laut yang bisa dikatakan relatif cukup lama, sehingga memungkinkan wisatawan yang berkunjung untuk berenang di pantai pangandaran.
  • Dapat menyaksikan proses terbitnya matahari dan juga proses terbenamnya matahari dengan segala keindahan panorama alamnya, pada satu tempat yang sama.
  • Terdapat pantai dengan hamparan pasir putihnya yang memukau dan mempesona.
  • Tersedia team penyelamat pantai di tempat tersebut.
  • Memiliki taman laut dengan keanekaragaman biota laut yang dangat indah dan mempesona.
  • Festival Layang-layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) dengan berbagai kegiatan pendukungnya yang bisa kita saksikan pada tiap bulan Juni atau Juli.
  • Areal parkir yang cukup luas








Ciamis, Jawa Barat.

Pantai berpasir putih kecokelatan ini berjarak 92 kilometer dari Kota Ciamis dan bisa ditempuh selama 2 jam dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Banyak keistimewaan di pantai satu ini. Antara lain, kita bisa melihat pemandangan matahari terbit pada pagi hari sekaligus matahari terbenam di sore harinya hanya di pantai ini.


Fasilitas penunjang di pantai ini bisa dibilang sangat lengkap dan bisa disejajarkan dengan fasilitas pantai di Pulau Bali. Kebanyakan wisatawan menikmati Pantai Pangandaran ini dengan berenang, bermain air ataupun berkeliling pantai dengan menggunakan perahu yang bisa disewa di pantai ini. Bagi pengunjung yang hobi olahraga air dan mempunyai dana yang lebih, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa permainan, seperti banana boat, snorkeling, jetski, parasailing dan masih banyak lagi. 



Fasilitas lain di pantai ini, hotel atau penginapan, area parkir yang luas, bumi perkemahan, gedung bioskop, diskotik, persewaan sepeda, pelayanan pos dan money changer, dan pusat informasi pariwisata. Karena fasilitas yang begitu lengkap, tidak heran bila di pantai ini sering diadakan acara-acara bertaraf nasional maupun internasional, salah satunya adalah Festival Layang-Layang Internasional (Pangandaran International Kite Festival) yang biasanya diadakan setiap bulan Juni atau Juli.


Di sekitar pantai Pangandaran terdapat cagar alam Pananjung dengan pohon-pohon besar dan suara teriakan monyet-monyet penghuni cagar alam tersebut. Sobat bisa menjelajahi hutan lebat ini, bila beruntung sobat bisa menjumpai rusa liar yang menghuni hutan ini. Di cagar alam ini juga terdapat sebuah goa yang sangat terkenal yaitu Goa jepang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar