Sabtu, 15 Desember 2012

WISATA BALI

Pantai Sanur, Kota Denpasar – Bali – Indonesia
                                 Pantai Sanur

A. Selayang Pandang

Pantai Sanur merupakan salah satu pantai di Pulau Bali yang menarik untuk dikunjungi. Keindahan panorama alamnya membuat Pantai Sanur terkenal bahkan sejak jaman dahulu. Dalam sejarah Bali kuno, Pantai Sanur telah dikenal sebagai pantai yang indah, hal itu nampak dalam Prasasti Raja Kasari Warmadewa, seorang raja yang berkeraton di Singhadwala pada tahun 917 M. Sekarang, prasasti tersebut terdapat di daerah Blanjong, bagian selatan Pantai Sanur.
Pada masa kolonial Belanda, Pantai Sanur terkenal sebagai lokasi pendaratan bala tentara Belanda ketika akan menyerang Kerajaan Badung yang dianggap membangkang pada pemerintah kolonial. Perang yang terjadi pada tanggal 18 November 1906 itu kemudian dikenal sebagai Puputan Badung, yaitu semangat perang sampai mati yang dipraktekkan oleh Raja Badung dan pengikut-pengikutnya.
Dari segi pariwisata, Pantai Sanur mulai dikenalkan ke dunia internasional oleh A. J. Le Mayeur, seorang pelukis dari Belgia yang datang ke Bali pada tahun 1932. Melihat daya tarik Pantai Sanur yang sangat indah, maka Le Mayeur memutuskan untuk menetap di Sanur dengan mendirikan sanggar melukis. Le Mayeur kemudian menikah dengan gadis Bali bernama Ni Nyoman Pollok, seorang penari Legong yang terkenal dan merupakan salah satu model lukisannya. Melalui lukisan Le Mayeur, Pantai Sanur mulai dikenal oleh dunia internasional. Saat ini, sanggar lukis tersebut telah menjadi Museum Le Mayeur dan dapat dikunjungi oleh publik. Museum Le Mayeur berada dalam area wisata Pantai Sanur.

B. Keistimewaan

Berbeda dengan Pantai Kuta yang menyajikan keindahan matahari terbenam (sunset), Pantai Sanur terkenal karena keindahan panorama mentari terbitnya (sunrise). Topografinya yang melengkung dengan hamparan pasir putih yang membentang membentuk gugusan pantai yang elok. Di pagi hari, sembari menikmati detik-detik terbitnya mentari yang mempesona, wisatawan dapat menyaksikan gugusan pulau Nusa Penida di sebelah tenggara serta panorama pantai selatan Pulau Bali.
Pemandangan di sore hari juga tak kalah menarik. Surutnya air laut memperjelas pandangan mata pada gugusan Pulau Serangan dan bukit batu karang yang menjorok ke laut di sebelah selatan Pantai Sanur. Tak hanya itu, jika gelombang air laut tidak begitu besar, wisatawan dapat menyaksikan keindahan batu karang yang membentang berwarna-warni.

C. Lokasi

Pantai Sanur terletak di Desa Sanur, Kecamatan Denpasar, Kota Denpasar, Provinsi Bali.

D. Akses

Pantai Sanur berjarak sekitar 6 km dari pusat kota Denpasar dan dapat dicapai dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor. Jika ingin menggunakan kendaran umum (bemo), wisatawan tak perlu khawatir karena kendaraan umum sangat ramai mondar-mandir antara Sanur-Denpasar.

E. Akomodasi dan Fasilitas Lainnya

Kawasan Sanur merupakan kawasan pengembangan wisata pertama di Bali, ditandai dengan hadirnya hotel-hotel berbintang serta berbagai macam restoran. Oleh sebab itu, wisatawan tak perlu khawatir jika membutuhkan penginapan atau warung makan di sekitar pantai ini. Selain itu, kawasan wisata Pantai Sanur juga menyediakan kios-kios suvenir yang menjual berbagai barang kesenian serta oleh-oleh khas pantai.Kuta Denpasar – Bali – Indonesia

Pantai Kuta Bali

Pantai Kuta (pantai berpasir putih)

   Pantai yang paling terkenal di Bali. Wisatawan yang berlibur di Bali tidak akan pernah lupa untuk berkunjung ke pantai Kuta, terutama pada saat matahari akan terbenam. Pantai Kuta merupakan salah satu tempat di Bali untuk melihat panorama terbenamnya matahari selain Pura Uluwatu, Pura Tanah Lot atau pantai Jimbaran. Dapat kita bayangkan setiap hari terutama pada sore hari pantai Kuta akan penuh dengan wisatawan domestic maupun mancanegara, menantikan matahari terbenam, berenang, atau sekedar jalan-jalan di sepanjang bibir pantai. Yang membuat pantai ini juga terkenal adalah ombaknya yang cukup tinggi untuk melakukan olah raga air terutama berselancar (surfing). Tidak heran kalau disepanjang pantai dapat dengan mudah kita menjumpai papan selancar yang disewakan. Anda mau mencoba?
Aktivitas di Pantai Kuta

   Pantai Kuta adalah sebuah magnet bagi beachgoers, terutama bagi mereka yang tertarik untuk mendapatkan banyak tan-didambakan. Berbaring di pantai mengenakan bikini atau celana pendek dan kacamata hitam bisa menjadi cara mudah untuk menghabiskan hari di Kuta
Namun, waspadalah terhadap sinar kasar – Anda akan sangat tidak nyaman pada hari berikut jika Anda tidak berlaku tabir surya! Pilih perlindungan dengan kandungan SPF yang tinggi dan menghindari panas siang intens untuk memastikan Anda mendapatkan cokelat bersinar indah sebelum Anda kembali ke negara asal Anda. Untuk menghindari dehidrasi Anda disarankan untuk minum banyak air dan minuman ringan – semua tersedia dari vendor patroli pantai, juga menjual makanan ringan, es krim dan buah.


Berikut ini adalah ide untuk kegiatan, aman dan menyenangkan di pantai dengan keluarga Anda – layang-layang terbang! Ingin tahu tempat untuk membeli satu? Anda dapat dengan mudah menemukan baris dari toko-toko kecil dan pedagang yang menjual layang-layang tradisional Bali mulai dari kecil sampai ukuran raksasa, seperti Bebean (berbentuk ikan), Janggan (berbentuk burung) dan Pecukan (daun berbentuk), harga bervariasi sesuai untuk ukuran dan materi. Sekarang, menemukan tempat berangin sepi dan jauh Anda pergi!


Perawatan untuk sedikit petualangan? Kuta memiliki cara sendiri untuk memuaskan dahaga adrenalin Anda. Di tempat di depan Hotel Kuta Paradiso, ada katapel raksasa yang bisa melontarkan Anda 52 meter di udara. Bingkai Y berbentuk cagak memiliki strip karet dua melekat pada uprights, mengarah kembali ke saku untuk memegang dua kursi aman dirancang. Buka setiap hari 11:00 – terlambat.
Soccer Beach
Mendapatkan kecokelatan tetapi memiliki kalori ekstra yang perlu membakar? Jangan khawatir, Kuta penuh kegiatan pantai. Coba pertandingan sepak bola dengan beberapa penduduk setempat. Mereka biasanya mendirikan tiang gawang di sekitar 16:00 antara Hard Rock Café dan Discovery Shopping Mall. Hanya ikut bermain, atau bahkan lebih baik, membawa teman sehingga tim akan lebih. Sudah saatnya dunia tahu tentang kemampuan anda menggiring bola!


Pantai Kuta terkenal dengan memecah gelombang dan air setinggi pinggang, sehingga seperti pantai yang sempurna untuk berselancar pemula. Untuk mendapatkan beberapa pengetahuan dasar tentang surfing, mendaftar untuk pelajaran dengan salah satu sekolah surfing terkenal terletak tepat di depan pantai seperti Odysseys, Rip Curl Surf Sekolah atau Surfer Girl Surfing School.
Sebuah kursus tiga hari berselancar di biaya sekolah yang terakreditasi sekitar US $ 100. Kali berikutnya Anda kembali, selama Anda tetap dalam prakteknya, Anda akan dapat menjelajahi pantai-pantai selancar yang tersembunyi di pulau itu, pasti! Untuk peselancar yang lebih maju, Anda dapat memilih dari lebih dari 30 istirahat surfing lainnya, semua dalam waktu 30 menit berkendara dari Kuta.


Waterbom adalah 3,8 hektar taman tropis luas petualangan wahana air mendebarkan. Ia memiliki 15 slide kecepatan tinggi, beberapa mencapai sampai 50kph, jalan memusingkan, naik jantung-berdebar dan panjat tebing. Bahkan untuk menjadi lemah hati, ada banyak fasilitas; mencoba rakit sungai yang membawa Anda ke sebuah sungai malas mana Anda dapat menikmati hanyut bersama dalam rakit tabung melalui air terjun cascading, riak lesu dan bahkan dedaunan tropis mewah ke layar Anda dari kebingungan kegembiraan, belum lagi fasilitas spa untuk opsi yang lebih santai.
Di atas bahwa Anda dapat berjemur di taman berumput, bersantai di gazebo atau berenang di sepanjang ke Poolside Bar, untuk memuaskan dahaga Anda sebelum putaran kedua petualangan adrenalin dibebankan! Untuk anak-anak, taman fitur Taman Kiddy, yang dirancang untuk keselamatan anak dan diawasi setiap saat. Jika Anda mendapatkan lapar selama semua aktivitas tersebut, kepala ke food court di tengah taman karena dilarang untuk membawa makanan atau minuman dari luar.


Ubud

terletak satu jam dengan kendaraan dari bagian selatan Bali dan merupakan bagian dari Kabupaten Gianyar. Ubud merupakan sebuah desa yang luar biasa di bagian tengah dari pulau Bali dan dikelilingi oleh bentuk budaya Bali, museum dan galeri seni. Denyut nadi kehidupan masyarakat Ubud tidak bisa dilepaskan dari kesenian. Karena itu, di sini banyak terdapat galeri-galeri seni, serta arena pertunjukan musik dan tari yang digelar setiap malam secara bergantian di segala penjuru desa. Disini adalah tempat yang sempurna untuk belajar dan menjelajahi Bali tradisional kegiatan seperti memasak, ukiran, lukisan, menari dan membuat persembahan.

Ubud telah terkenal sejak 1930 ketika seorang pelukis Jerman, Walter Spies, dan pelukis Belanda, Rudolf Bonnet, mengunjungi tempat ini. Kemudian mereka menetap di Ubud untuk waktu yang lama dibantu oleh Cokorda Gede Agung Sukawati dari Puri Agung Ubud. Sekarang karya mereka bisa dilihat di Museum Puri Lukisan, Ubud.
Selain sebagai desa seniman, Ubud juga menawarkan panoramai dengan sawah-sawah hijau dan cantik sungai. Jelajahi keindahan tersembunyi Ubud dan sekitarnya termasuk Tegal alang, Sungai Ayung, dan Monkey Forest.

Restoran dan Hiburan
Ketika matahari pergi ke ufuk, Ubud menjadi tempat romantis untuk setiap pelancong. Musik tradisional Bali menciptakan suasana yang benar-benar desa. Sekarang saatnya untuk mencari santapan sebelum atau setelah menonton pertunjukan tari Bali.
Ambil yang mudah berjalan kaki di sepanjang Jalan Monkey Forest, Jalan Bisma dan sekitar Pengosekan untuk menemukan tempat romantis untuk bersantap.

Akomodasi
Sejak beberapa tahun lalu, Ubud telah menjadi salah satu tujuan perjalanan dan liburan untuk wisatawan di seluruh dunia. Tersedia disini berbagai akomodasi dari yang hotel yang murah dan sesuai anggaran sampai vila pribadi. Terserah Anda untuk memilih hotel dan vila yang sesuai. Losmen yang termurah dan home stay seperti Artaj Inn, Jati home stay dan lain sebagainya Artini cottage
 Jimbran

Objek Wisata Jimbaran

 
Jimbaran adalah tempat wisata favorit di Bali, menawarkan berbagai daya tarik makanan laut / seafood centre yang terletak di pinggir pantai, suasana sunset / matahari tenggelam yang indah kemudian suasana malam pantai Jimbaran yang romantik, sambil menikmati makanan di pantai diiringi alunan musik tentunya tak mungkin dilewatkan oleh wisatawan. JUntuk wisata kuliner di Bali, jangan pernah lewatkan tempat ini, tempat satun-satunya untuk seefood.
Jimbaran adalah sebuah pantai di Kabupaten Badung, Bali, Indonesia. Letaknya di sebelah selatan pulau Bali, sekitar 5 km dari Bandara Internasional Ngurah Rai  / 20 km dar terdapat restoran-restoran makanan laut (seafood) dan juga hotel-hotel internasional.


Nusa Dua Bali

di Bali merupakan tempat paling ekslusif. Disebut ekslusif karena di area ini terdapat semua hal yang dibutuhkan oleh sebuah tempat wisata, seperti pantai lengkap dengan olahraga airnya, restoran dengan menu yang lengkap dan bervariasi dan tidak ketinggalan tempat menginap atau hotel yang sangat nyaman.
Khusus untuk pantainya, pengunjung bisa menikmati paronama terbaik di Nusa Dua dengan berjalan-jalan di pantai yang menjadi bagian dari area ini. Pantai Nusa Dua sepanjang kurang lebih 5 km, dan merupakan halaman belakang dari hotel-hotel kelas dunia seperti Melia Bali Villas Spa Resort, Inna Putri Bali, Novotel Nusa Dua, dsb.
Disepanjang pantai ini, pengunjung bisa menyaksikan 2 pemandangan sekaligus yang sangat cantik. Satu sisi merupakan pemandangan lepas pantai dan garis laut yang sangat indah, satu sisi lainnya pemandangan hotel-hotel megah yang berdiri berderet disepanjang pantai. Untuk bisa menginap disalah satu hotel yang ada diarea ini, setidaknya siapkan budget lebih untuk mewujudkannya.
Disana sepanjang pantai oleh pihak pengelola sudah dibangun semacam jalan kecil bagi para pejalan kaki untuk melewatinya. Ini untuk memudahkan para pengunjung pantai menyusuri pantai. Namun sepertinya pengunjung tidak sebebas seperti yang diinginkan, karena beberapa pihak hotel tidak suka ada pengunjung diluar tamu mereka yang berkeliaran disekitar kawasan pantai mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar