Rabu, 12 Desember 2012

OBJEK WISATA BALI " ULUWATU "

Uluwatu merupakan salah satu kawasan objek wisata yang cukup terkenal di Bali. Di daerah Uluwatu tersebut merupakan perpaduan antara objek wisata alam dan objek wisata religi. Sebagai salah satu objek wisata andalan Pulau Bali, Uluwatu, terletak di bagian ujung selatan Pulau Bali dan mengarah ke Samudra Hindia, Uluwatu tersebut dikenal sebagai salah tempat wisata yang cukup menawan di Pulau Bali.
Apa yang bisa Anda nikmati saat berkunjung ke objek wisata Uluwatu tersebut? yang jelas akan Anda temukan adalah sebuah pura yang berdiri kokoh menjorok ke laut di atas batu karang dengan ketinggian sekitar 50 meter. Di tepi laut tersebut, Anda bisa menyaksikan suasana bahari yang sungguh menenangkan jiwa dan pikiran. Pura yang terletak di atas batu karang tersebut menjadi salah satu objek wisata sejarah karena memiliki sejarah yang cukup dikenal pada tahun 1489 Masehi, yakni pada saat kedatangan seorang rohaniwan, seorang pendeta Hindu asal Jawa Timur yang bernama Danghyang Dwijendra.
Daerah objek wisata Uluwatu akan semakin indah pada saat sore hari tiba. Para pengunjung bisa menikmati sajian sunset yang cukup menarik perhatian para wisatawan. Di samping itu, Anda juga bisa menyaksikan salah satu objek wisata budaya yang cukup khas di Pulau Bali yakni tarian Bali yang cukup terkenal tak hanya di dalam negeri namun hingga ke mancanegara. Tari tersebut adalah tari kecak, tarian khas Bali yang menjadi salah satu objek wisata budaya unggulan Pulau Bali.
Pantai Uluwatu di samping menyajikan panorama keindahan alam bahari juga memberikan tantangan khusus bagi mereka para pecinta olah raga surfing. Ombak pantai Uluwatu sangat cocok untuk digunakan olahraga yang satu ini. Bahkan di kawasan pantai Uluwatu tersebut, hampir setiap tahunnya digelar acara kompetisi surfing yang bertaraf internasional. Kegiatan ini sekaligus juga merupakan sebagai cara promosi Pulau Bali khususnya kepada para turis asing dan negara-negara di dunia untuk lebih mengenal Indonesia yang kaya akan ragam budayanya.
Nah, berminat mengunjungi Uluwatu? Keunggulan objek wisata yang satu ini adalah perpaduan antara objek wisata alam, budaya dan juga sejarah secara berdekatan. Bagi Anda para pecinta olah raga juga sekaligus bisa menjadikan kawasan pantai Uluwatu sebagai kawasan berselancar surfing yang nyaman dan asyik.


Pura Uluwatu

Pura Uluwatu Pura Uluwatu

Pura Uluwatu Bali yang memiliki status sebagai Pura Sad Kahyangan Jagat atau penyangga poros mata angin pulau Bali. Terletak di atas sebuah bukit karang dengan ketinggian sekitar 97 m di atas permukaan laut. Lokasi berdirinya bangunan pura itu membuat wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya bisa menikmati suasana yang sakral dan religius, tetapi juga pemandangan yang indah. Lokasi ini pula yang memunculkan nama Uluwatu dalam bahasa Sanskerta yang berarti puncak batu.

Pura Uluwatu – Obyek Wisata Di Bali Selatan


Berbeda dengan pemandangan di pura Tanah Lot, wisatawan yang berwisata ke pura ini akan menyaksikan luasnya hamparan Samudra India dengan ombaknya yang menghantam kaki tebing. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati indahnya matahari terbenam dari obyek wisata di Bali ini.

Selain daya tarik tersebut, wisatawan juga dapat menyaksikan tari tradisional Bali, yaitu Tari Kecak Uluwatu. Tari ini dimainkan oleh 50-100 orang penari. Penari kecak akan duduk melingkar dan memakai kain sarung berwarna hitam putih. Para penari umumnya laki-laki dan lakon yang diceritakan biasanya cerita Ramayana. Ciri khas tari kecak adalah suara cak,cak, cak yang diucapkan oleh penari penari laki-laki tersebut sambil bersahut-sahutan. Biasanya tarian ini dipentaskan pada pukul 18.00-19.00 WITA.
Mengenai lokasi pura Luhur Uluwatu tepatnya di Desa Pecatu, Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung Bali. Jarak yang ditempuh dari Bandara Ngurah Rai ke Uluwatu Bali, sekitar 30 menit ke arah selatan dengan kendaraan pribadi maupun angkutan umum.
Wisatawan yang tidak membawa bekal makanan maupun minuman, tidak perlu khawatir. Sebab, di sekitar kawasan wisata ini terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman. Selain itu, wisatawan juga dapat menemukan banyak restoran yang menyajikan berbagai menu makanan atau minuman dengan harga yang bervariasi. Sementara itu, bagi wisatawan yang ingin menginap, di sekitar lokasi wisata ini juga terdapat banyak penginapan dengan berbagai tipe. Mulai dari kelas melati, villa, hingga hotel berbintang. Liburan di Bali tentunya akan sangat menyenangkan jika berkunjung ke pura Uluwatu Bali.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar