Rabu, 29 Februari 2012

WISATA AIR TERJUN MARIBAYA BANDUNG


Maribaya merupakan sebuah lembah dengan aliran beberapa anak Sungai Cikapundung yang memiliki kaitan erat dengan aktivitas Gunung Tangkuban Parahu. Lembah Maribaya secara geologi telah terbentuk sebelum Gunung Tangkuban Perahu. Objek wisata dengan pemandangan indah dan sejuknya udara pegunungan ini memiliki sumber air panas yang mengandung mineral ideal untuk berbagai terapi kesehatan dan kebugaran tubuh. Di kawasan wisata ini juga terdapat air terjun Ciomas setinggi 25 meter yang sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk sekedar melepas lelah dan bersantai di daerah ini.

Sejarah Maribaya

Maribaya berasal dari nama seorang perempuan sangat cantik yang menjadi sumber kehebohan bagi kaum laki-laki. Saking terpesona oleh kecantikan Maribaya, pemuda-pemuda di kampungya sering cekcok sehingga sewaktu-waktu bisa terjadi pertumpahan darah. Itulah gambaran keindahan Maribaya tempo dulu. Karena keindahan dan kenyamanan wilayah itu, lokasi pemandian air hangat itu diabadikan dengan nama Maribaya. Keelokan pemandangan disertai desiran air terjun digambarkan bagai seorang gadis cantik jelita yang membuat setiap pemuda bertekuk lutut.

Sejak mulai dikembangkan tahun 1835 oleh Eyang Raksa Dinata, ayah Maribaya, lokasi objek wisata itu berhasil mengubah kehidupan Eyang Raksa Dinata yang sebelumnya hidup miskin menjadi berkecukupan. Banyak orang yang berkunjung ke tempat tersebut. Mereka tidak hanya datang untuk berekreasi menghirup udara segar alam pengunungan dan perbukitan, tetapi banyak juga yang berobat dengan cara berendam di air hangat. Namun, apakah objek wisata Maribaya saat ini masih seperti dulu yang membuat setiap orang ingin menyambanginya ?

Lokasi obyek wisata 

Objek wisata ini berjarak sekitar 21 Km dari kota Bandung ke arah Utara, atau sekitar 5 Km dari kota Lembang ke arah timur. Rekreasi dengan pemandangan indah dan udara sejuk. Selain memiliki kolam-kolam pemandian air panas mengandung mineral tinggi yang baik untuk kesehatan, juga terdapat beberapa air terjun yakni : Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Cikawiri dan Curug Omas. Curug Omas, dengan ketinggian kurang lebih 30 meter nampaknya juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk berkunjung kesana. Adanya fasilitas dua jembatan pengamat dari sisi bagian atas dan bawah juga memberikan kemudahan bagi pengunjung untuk bisa lebih leluasa menikmati air terjun tanpa perlu takut menjadi basah.

Wisata Maribaya sudah cukup terkenal, di sini terdapat bermacam-macam arena bermain, di antaranya terdapat kolam berenang, pemandian air panas, dan terdapat banyak air terjun kecil. Terdapat di dekat kawasan Tahura, yang dapat dijelajahi dalam 1 perjalanan. Di sini, kita dapat menikmati hasil proses geologi selama jutaan tahun. Maribaya merupakan perkampungan kecil yang dialiri dua sungai, Cigulung dan Cikawari. Air terjun, tempat rekreasi dan jurang yang indah sekali membuat maribaya menjadi tempat peristirahatan yang sangat terkenal , hanya beberapa menit dari timur Lembang, pada hari minggu khususnya tempat ini ramai. Minibus dan kereta kuda bulak-balik dari lembang. Maribaya menarik bagi banyak penduduk Bandung karena pada hari minggu sumber air panas di alirkan ke kolam kecil untuk umum dan ke berbagai kamar, mandi pribadi. Beberapa orang datang kesini untuk mengajak anak-anak bermain di lapangan dan menunggang kuda.

Objek wisata Maribaya nampaknya lebih banyak dikunjungi sebagai objek wisata air terjun dibanding objek wisata pemandian air panas. Memang masih terdapat pengunjung yang memanfaatkan air panas yang ada di objek wisata ini sebagai salah satu pengobatan alternatif terhadap beberapa jenis penyakit, namun bila dilihat secara sekilas, pengunjung yang datang cenderung lebih menikmati pesona air terjun atau bersantai-santai dibawah rindangnya pepohonan.

Bagi para pengunjung yang senang bertualang, tersedia rute perjalanan dari Maribaya dengan menerobos bukit-bukit yang rimbun dengan pohon pinus dan kina, berjalan kaki menuju taman hutan raya Ir. H. Juanda atau ke daerah Arcamanik dengan jarak 5 km.

Berbagai fasilitas pendukung atraksi wisata dapat kita kunjungi di daerah ini seperti taman bermain anak, taman-taman yang indah untuk kegiatan pesta kebun, serta berbagai fasilitas umum lainnya seperti toilet, mushola, areal tempat parkir serta ruang tempat pusat informasi.
Anda berminat mengunjunginya?

Hubungi :
Jardinn Tour Travel
Telp   :  021-5315 4022
Fax    :  021-5315 4271
Email :  jardinntourtravel@gmail.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar