Kamis, 26 Januari 2012

WISATA ISTANA MERDEKA


Istana Merdeka telah mengubah motonya menjadi Istana Rakyat dengan meluncurkan Program Wisata Istana Merdeka.  Pada hari Sabtu, tanggal 14 Januari 2012 kemarin saya dan teman-teman berkesempatan untuk berkunjung ke Istana Negara bersama rekan-rekan dari Jardinn Tour Travel.

Awalnya saya berpikir pasti sulit untuk berkunjung ke sana, namun ternyata setelah sampai di sana  apa yang saya pikirkan salah…..  Kita Cuma perlu bawa kartu tanda pengenal yang masih berlaku saja dan  GRATIS…….

Pintu masuk dan pendaftaran untuk wisata Istana Merdeka terletak di  pelataran parkir Sekretariat Negara. Bila kita berjalan dari arah Kota – Hayam Wuruk  ke arah Perempatan Harmoni, sesampainya di perempatan Harmoni kita belok ke kiri menunju Jalan Juanda, terus kita mencari ”U turn” atau putaran balik sehingga kemballi ke arah perempatan harmoni. Sesampai-nya di perempatan Harmoni kita belok ke kiri, dan di sebelah kiri jalan terdapat pintu masuk ke komplek sekretariat negara….

Kita hanya perlu memberikan KTP kita saja sedangkan untuk anak-anak tidak perlu selama ada pendamping, dan sebagai gantinya kita akan diberikan ”kartu pengunjung” dan sesudah itu kita tinggal menunggu giliran untuk berkunjung ke Istana Merdeka.

Awalnya kita akan naik ke sebuah bis menuju sebuah bangunan berbentuk pendopo untuk disambut oleh tuan rumahnya  Bpk SBY dan Ibu (tentunya cuma melalui rekaman video..) dan sejarah mengenai Istana Merdeka.

Setelah menyaksikan video mengenai istana negara, maka wisata dilanjutkan dengan berjalan kaki menuju Istana Merdeka setelah sebelumnya  melalui alat metal detektor. Akhirnya kita sampai juga di tangga depan Istana Merdeka  yang biasanya digunakan oleh para mentri untuk potret bersama.

Selanjutnya kita masuk melalui pintu Barat dan di sebelah kiri kita terdapat ruang tunggu tamu Presiden (para duta besar negara) sebelum diterima oleh Presiden di Ruang Kredensial.  Ruang Kredensial adalah sebuah ruangan yang cukup besar yang terletak di bagian depan Istana Merdeka yang digunakan oleh Presiden untuk menerima surat kepercayan dari para duta besar.

Dari Ruang Kredensial, kita diajak masuk ke dalam ruang resepsi yang ukurannya lebih besar dari ruangan sebelumnya. Ruangan ini digunakan untuk menjamu para tamu negara….. ruangannya besar dan kalau ga salah mempunyai 3 lampu kristal yang besar dengan berat mencapai 100 Kg di atapnya.

Selanjutnya kita diajak untuk melintasi bagian taman yang terletak di bagian belakang Istana Merdeka  untuk melihat gazebo yang disebut ”kupal” yang sering digunakan untuk pertemuan informal oleh Presiden. Setelah puas berkeliling taman, akhirnya kita kembali ke pintu masuk istana merdeka dan kembali naik ke bus untuk ke tempat pendaftaran.

Nah… mudah kan……  Dari informasi yang saya peroleh Wisata Istana hanya bisa dilakukan pada Sabtu – Minggu mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 15.00 dengan pakaian sopan (tidak boleh kaos oblong) dan tidak menggunakan sandal jepit. (di poskan oleh : Rusli Biantoro)

2 komentar: